Ekstrakurikuler Jurnalistik Menimba Ilmu ke Radar Semeru Lumajang

Lumajang, (16/1/2018). Ekstrakurikuler Jurnalistik SMK Negeri 2 Lumajang Senin (15/1/2018) berkunjung ke Redaksi Radar Semeru Lumajang yang terletak di Jalan Kyai Ghozali No. 58 A Lumajang. Sebanyak sembilan siswa dan satu pembimbing melaksanakan kunjungan sekitar pukul 14.00 WIB. Walaupun hujan deras, tidak menyurutkan semangat anak-anak jurnal- sebutan siswa ekskul jurnalistik-untuk menimba pengetahuan tentang Jurnalistik dan pers.

Rombongan Ekskul Jurnalistik disambut oleh mbak Ika selaku administrasi di Radar Semeru. Mbak Ika memberikan sedikit wawasan bagaimana cara menyusun berita yang layak muat di sebuah koran.  Mbak Ika memaparkan ada sembilan tips menulis berita yaitu : tujuan, wawancara, waktu harus tepat, harus berani berbicara, dokumentasi, penulisan tata bahasa sesuai EYD, momentum, hal yang menarik dan grafis. Anak-anak ekskul jurnalistik pun banyak mengajukan pertanyaan kepada mbak Ika. Eva dari jurusan DKV bertanya proses pemberitaan pada koran sampai terbitnya itu bagaimana. Dijawab dengan jelas oleh mbak Ika. Mulai persiapan, peliputan, editing sampai pencetakan menjadi koran.

Setelah ‘menimba ilmu’ dari mbak Ika, anak-anak langsung dibawa ke lantai dua ke Redaksi untuk bertemu mas Wartawan-Hafid Asnan. Di sana anak-anak diberi materi bagaimana cara menulis berita yang benar dan hal-hal yang terkait dengan Jurnalistik. Setelah itu, anak-anak berfoto bersama mbak Ika di Kantor lantai bawah yang ada tulisan “Radar Semeru”. Perlu diketahui juga saat ini di Radar Semeru juga ditempati siswa PKL dari SMK Negeri 1 Lumajang dan SMK Negeri Klakah. Mereka semua juga menyambut rombongan Jurnalistik dari SMK Negeri 2 Lumajang dengan ramah .

Harapan dengan kegiatan ini adalah memotivasi anak-anak Jurnalistik untuk lebih produktif dan meningkatkan literasi sekolah. (red)

Oleh : Tri Indra Kurniawan, S.Pd.